Posted by : lillon Sunday, November 20, 2016

Mengapa sih Jaringan Ponsel terkadang berubah dari G,E,3G,H,H+ ataupun 4G LTE ( Bagi pengguna 4G) padahalkan tujuan kita menggunakan untuk akses internet. Apa sih Perbedaan Jaringan Ponsel G,E,3G,H,H+ dan 4G LTE ? Apakah kecepatannya berbeda atau gimana ? Perbedaan Jaringan Ponsel G,E,3G,H,H+ dan 4G LTE
Sinyal Ponsel tersebut merupakan suatu indikator status sinyal di daerah anda dan kecepatan internet juga mempengaruhi semakin tinggi sinyal semakin cepat akses internet kita. Bagaimana kita mengetahui bahwa sinyal Ponsel kita kuat atau cepat ? Yang mana lebih cepat antara G,E,3G,H,H+ dan 4G LTE ? berikut ulasannya.

Untuk lebih jelasnya, berikut tabel kecepatan maksimal dari berbagai macam teknologi diatas
Secara TEKNIS
perbedaan kecepatan 2g 3g 4g lte
Source : androidauthority.com

Berdasarkan pengalaman saya, Berikut penjelasanya :

Kecepatan 2G di Indonesia : Download 10 - 24 KB/s, Upload 2 - 15 KB/s
Kecepatan 3G di Indonesia : Download 24 KB - 1 MB/s, Upload  20 - 512 KB/s
Kecepatan 4G di Indonesia : Download 500 KB - 4 MB/s, Upload 256 KB - 1 MB/s

Data diatas murni dari pengalaman saya menggunakan HP Android & Symbian (Samsung Galaxy W, Lenovo A6000+ dan Nokia E5). Mungkin data diatas hanya gambaran kecepatan yang sebenarnya dan Kecepatan di setiap lokasi & Operator yang digunakan pasti berbeda - beda, tidak mungkin sama. Saya hanya mengambil kecepatan terendah dan kecepatan tertinggi yang pernah saya raih ketika menggunakan 2 operator tercepat di indonesia.

Kenapa di Iklan menggembar gemborkan kecepatan hingga 150Mbps ? tetapi kenyataanya hanya beberapa MB saja? perlu kalian ketahui bahwa satuan MBps beda dengan Mbps.
MBps (MegaByte per second) sedangkan Mbps (MegaBit per second).

1 Byte = 8 bit
Jadi 150 Mbps = 150/8 = 18.75 MB/s

18.75 MB/s itu kecepatan Maksimal/Teknis dan bukan kecepatan sebenarnya di lapangan karena kecepatan internet tergantung lokasi, geografis, kekuatan sinyal, performa handphone kita dan berbagai faktor lainya.



Dan biasanya Satuan ukuran file yang kita download di internet itu menggunakan MB bukan Mb. Jadi itu sebabnya kita merasa tertipu dengan kecepatan yang tertera di kartu perdana atau di iklan. Padahal iklan tidak menipu, hanya kita saja yang tidak mengerti perbedaan satuan diatas.

Kesimpulannya :
Kecepatan dari jaringan ponsel juga dipengaruhi oleh handphone yang digunakan dan daerah apakah tempat kita sudah mencakup area 4G atau tidak.

Sumber :
http://www.septian.web.id/2016/01/perbandingan-kecepatan-2g-3g-4g-lte.html

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © The Magnificent lillon - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -