Posted by : lillon Thursday, October 6, 2016



Latar Belakang
Seiring perkembangan zaman, perangkat teknologi komunikasi juga semakin canggih. Smakin canggih perangkat komunikasi, semakin canggih pula layar yang disematkan pada perangkat tersebut. Beberapa jenis layar  yang sering kita dengar seperti IPS LCD, AMOLED, dan TFT adalah salah tiga jenis layar dengan teknologi canggih. Disini Cekiwir akan mencoba memaparkan penjelasan dari tiap tiap jenis layar beserta kelebihan dan kekurangannya.
Tujuannya agar masyarakat luas mengetahui jenis layar smartphone yang digunakan dan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam memebeli smartphone
Image result for layar amoled vs ips

Layar IPS LCD

Layar IPS (In Plane Switching) adalah panel LCD yang mampu mengeluarkan banyak perbedaan warna saat dipandang dengan mata telanjang. Layar jenis ini menghasilkan gambar dengan kualitas sangat baik terutama untuk pengguna yang memiliki hobi fotografi. Layar IPS LCD ini sudah banyak dijumpai  di dalam smartphone dengan kelas menengah ke atas. Beberapa jenis smartphone menengah ke bawah juga ada yang menggunakan layar IPS LCD ini.
Selain kelebihan yang sudah disebutkan di atas, layar IPS LCD ini juga mempunyai beberapa kelemahan. Kelemahannya diantaranya layar dengan teknologi IPS LCD ini terkenal dengan konsumsi dayanya yang terbilang tinggi. Selain itu tingkat kecerahan layar juga tidah terlalu tampil maksimal.

Layar AMOLED

Layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) merupakan jenis layar yang telah menggunakan teknologi OLED (Organic Light Emitting Diode). OLED adalah sebuah benda berbentuk solid yang mempunyai lapisan film yang sangat tipis dan mengandung partikel organik yang mampu mengeluarkan cahaya saat dialiri aliran listrik. Layar dengan teknologi AMOLED sendiri sudah banyak diterapkan di smartphone keluaran terbaru.
Layar dengan teknologi OLED memiliki memiliki kelebihan pada ketajaman layar yang tinggi dengan konsumsi daya rendah (40%). Dengan teknologi AMOLED, konversi pixel menjadi lebih efisien. Selain ketajamannya yang tinggi, layar AMOLED juga memiliki kelebihan lain seperti tingkat kecerahan dan kejernihan yang tinggi walaupun berada di bawah sinar matahari dan memiliki kemampuan memutar video dengan tingkat kestabilan tinggi.
Teknologi AMOLED juga memiliki kelemahan pada layarnya yaitu harganya yang relatif tinggi karena teknologinya yang terbilang merupakan yang paling terbaru.

Layar TFT

Layar TFT (Thin Film Transistor) adalah jenis layar yang menggunakan teknologi LCD yang mampu menghasilkan resolusi yang cukup baik dan mampu mengeluarkan warna dengan jumlah yang cukup banyak. Ketajaman layar juga layak diacungi jempol dengan kemampuan multitasking yang relatif responsif.
Kelemahannya, layar TFT ini tergolong mahal mengingat perangkat gadget yang sering menggunakan teknologi layar TFT ini masuk di kelas menengah kebawah. Selain itu konsumsi daya gadget yang menggunakan layar TFT termasuk tinggi sehingga kebutuhan baterai juga tergolong boros.
Kesimpulannya, setiap layar yang ada didalam smartphone memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun yang paling baik adalah dengan layar amoled namun dengan harga yang relatif mahal di bandingkan dengan lainnya
Sumber :
http://jokowarino.id/ips-lcd-amoled-dan-tft-lebih-bagus-yang-mana/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © The Magnificent lillon - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -